Perelek adalah

Perelek adalah


Kegiatan Perelek adalah cara seluruh warga mengumpulkan uang atau beras dengan cara menyimpannya dalam sebuah tempat yang sebelumnya telah disediakan petugas disetiap pintu depan rumah warga sebesar Rp. 500,-/malam, untuk dikumpulkan dan dipergunakan, dimanfaatkan oleh, dari dan untuk kepentingan warga.
Nama Perelek sebagai budaya gotong royong ini, diambil dari padanan kata, sebuah benda yang dijatuhkan kedalam sebuah tempat kemudian berbunyi...prelek..prelek...prelek... seperti halnya uang Rp. 500 jika di masukkan kedalam tempat, berbunyi...prelek..prelek...prelek... Sebab itulah maka bunyi Perelek itu kemudian diambil sebagai istilah dari kegiatan ini.
Pada beberapa wilayah perelek bukan dengan Rp. 500,- tetapi perelek menggunakan beras satu gelas cangkir/malam.

Perelek Uang atau pun Perelek Beras dan Perelek apapun merupakan salah satu contoh bentuk dari kegiatan gotong royong seluruh warga desa di tanah Parahiyangan (baca: Sunda), dalam rangka habluminannas.
Kegiatan Perelek tujuan utamanya adalah:
  1. Mengumpulkan uang atau beras dari seluruh warga tanpa kecuali warga kaya ataupun warga miskin bersama-sama mengikuti kegiatan Perelek di lingkungannya untuk jika sudah terkumpul akan di pergunakan jika sewaktu-waktu ada warga yang mendadak sakit harus ke Rumah Sakit, dengan Perelek dapat membantu, atau hal lainnya.
  2. Melestarikan budaya gotong royong antar warga,
  3. Menjalin silaturahmi yang semakin erat diantara warga,
  4. Sekecil informasi kesulitan diantara warga akan segera terdeteksi sehingga dapat segera diberikan pertolongan,
  5. Kegiatan Ronda malam semakin semarak, karena ada acara mengambil uang Perelek ke setiap rumah pada wilayah RT nya masing-masing, sebab ada kalanya pemilik rumah tidak hanya menyimpan uang Perelek Rp. 500,- tetapi juga menggantungkan gula kopi, kue dan makanan serta terkadang warga memberi uang lebih pada petugas ronda tersebut...seru kan?

Semoga kegiatan Perelek ini tidak hanya lebih banyak di wilayah pedesaan saja, tetapi merambah pulak ke kota-kota besar, dengan Perelek warga lingkungan kita terdekat akan lebih sejahtera.

Share this:

Related Posts

Add your comment Hide comment

Disqus Comments