Desa biru

Desa biru


Desa biru, adalah sebuah desa tradisional yang telah ada sejak ratusan tahun lalu, bahkan menurut sejarah desa tradisional ini sudah ada sebelum tahun 771, desa biru ini sebenarnya bernama Desa Juzcar terletak di Spanyol.
Berawal dari seorang pengarang komik bernama Peyo orang Belgia, membuat serial komik dengan tokoh bernama Smurf manusia bertubuh kecil berwarna biru yang membentuk sebuah koloni pada sebuah daerah yang seluruh bangunannya berwarna biru, dari serial komik inilah kemudian dibuat sebuah film yang diberi judul Smurf, karena lokasi yang strategis dan cocok dengan karakter Smurf, maka dipilihlah desa juzcar sebagai lokasi pembuatan film ini.
Dibutuhkan kurang lebih 3.700 liter cat biru untuk mengubah seluruh bangunan yang ada di desa Juzcar tersebut menjadi berwarna biru, bahkan gereja sebagai tempat ibadah di cat biru. 
Berkat serial komik yang kemudian dibuat film inilah desa ini menjadi terkenal dan banyak dikunjungi turis dari berbagai negara, sampai kemudian diadakan festival Smurf hingga semakin banyak turis yang mendatangi desa tradisional ini yang pada akhirnya mendorong para warga setempat berbusana ala Smurf untuk menyambut dan berfoto bersama para wisatawan.
Karena desa biru ini menjadi terkenal keseluruh dunia berkat warna birunya, pihak produser film yang telah menjanjikan akan mengembalikan seluruh warna biru menjadi warna seperti semula tak lagi perlu untuk menepati janjinya.
sumber kompas

Share this:

Related Posts

Add your comment Hide comment

Disqus Comments