Video Kuda Renggong

Video Kuda Renggong


Sebuah tradisi bagi warga Cilembu dan menjadi lumrah, jika mengkhitan(sunat), orang tuanya mengundang grup kesenian kuda renggong sebagai hiburan pada siang hari, dan kesenian jaipong untuk hiburan malam harinya, selain juga memang memenuhi keinginan pengantin sunat(anak), dan sepertinya anak-anak didesa sangat hobi kalau disunat naek kuda renggong..jiaa..hobi...?!
Ups?!..temen dari wilayah timur tentu ngga ngerti ngerti banget kesnian sejenis apa kuda ronggong ini.
Kuda renggong maksudnya kuda yang dihias secantik mungkin dengan pakaian khusus kuda dinaiki oleh pengantin sunat dan sikuda punya tanggungjawab untuk terus bergoyang sepanjang perjalanan mengikuti musik dari peralatan kesenian yang dipikul dan didorong oleh gerobak, sementara warga dan pemuda juga tidak berhenti bergoyang mengikuti irama, sungguh sebuah kemeriahan pesta rakyat, yang secara tidak disadari oleh pemangku hajat bahwa sesungguhnya dia telah turut andil melestarikan kebudayaan tradisional, khususnya seni kuda renggong.

Apakah mungkin jika anak-anak selebritis yang disunat, mengundang juga grup kesenian kuda renggong sebagai hiburannya? Andai demikian....tentu grup kesenian Kuda Renggong akan hidup dan terus lestari selamanya

Share this:

Related Posts

Add your comment Hide comment

Disqus Comments