-->

Warga Pengrajin Anyaman Bambu

Hampir sembilan puluh persen warga dari Dusun Pasir hantap dan Dusun Awilega, Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang - Jawa Barat adalah Pengrajin Anyaman Bambu.
Desa Genteng yang hanya berjarak 5 km dari Desa Cilembu yang beberapa warganya juga memiliki kerajinan tangan anyaman bambu seperti halnya warga dari kedua Dusun Pasir hantap dan Dusun Awilega tersebut, hanya saja kerajinan anyaman bambu yang di lakukan oleh warga Desa Cilembu khusus membuat keranjang kemasan sebagai pengganti kemasan yang selama ini menggunakan bahan plastik,  ini merupakan wilayah yang hampir sembilan puluh persen penduduknya menggeluti pekerjaan sebagai pengrajin anyaman bambu.
Hasil kerajinan dari kedua Dusun Pasir hantap dan Dusun Awilega ini adalah boboko, dingkul dan berbagai kerajinan anyaman berbahan baku bambu lainnya yang dipasarkan selain untuk memenuhi pesanan untuk kota Sumedang sendiri telah juga di kirim untuk memenuhi pesanan dari kota-kota sekitar, seperti Bandung, Cirebon dan Jakarta, setiap hari hasil kerajinan anyaman yang dikerjakan warga dari kedua dusun ini dapat mengirim hasil kerajinan anyaman bambu 100 hingga mencapai 300 pcs yang dikirim ke kota-kota tersebut, seiring dengan perkembangan jaman konsumen yang pada awalnya menggunakan produk hasil kerajinan tangan warga kini mulai banyak beralih menggunakan boboko dan dingkul yang berbahan baku plastik, sehingga pemasaran yang pada awalnya berjalan lancar kini mulai tersendat. 
Kepala Desa Genteng, bapak Komara, ST. menjelaskan bahwa kerajinan yang dilakukan oleh warga dari ke dua Dusun Pasir hantap dan Dusun Awilega ini adalah bagian dari warisan leluhur yang dikerjakan secara turun menurun, maka tidak mengherankan jika warga dari ke dua Dusun itu hampir sembilan puluh persen menjadi pengrajin anyaman bambu.
Semoga warga pengrajin kerajinan anyaman bambu dari Dusun Pasir hantap dan Dusun Awilega ini mendapat perhatian dari seluruh pihak terkait untuk dapat membantu permodalan sekaligus pemasaran hasil kerajinan anyamannya.
sumber : kabar Priangan

Topik: Profil Desa

Kabar Viral Lainnya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik berita pada halaman ini. Komentar yang baik sangat berharga bagi kami.
Buka Komentar
© 2019 PORTAL DESA / Template by Basri Matindas